Jus Wortel dan Tomat Untuk Kulit Sehat Tanpa Jerawat

 

"Umi, buatkan aku ini setiap hari ya"! Kata anak gadisku suatu hari, setelah aku membantunya membuat segelas minuman yang diinginkannya. Dalam hati aku terkejut dan senang, karena minuman yang diinginkan tersebut adalah minuman yang cukup sehat dan bernutrisi. Jaman sekarang, banyak sekali minuman enak namun kurang sehat yang disukai anak. 


"Tau dari mana resep minuman ini?" Tanyaku penasaran. 


"Dari Tiktok.. " Jawabnya. 

"Manfaatnya apa?" Tanyaku lagi. 

"Untuk kulit sehat anti jerawat.. " Katanya lagi. Sebagai remaja putri yang sedang berkembang, memang putriku sedang sangat memperhatikan kesehatan kulitnya. 


Oalah, ternyata dari Tiktok. Media sosial yang satu ini memang sering diintip banyak anak muda. Kontennya sekarang gak cuma joget. Banyak konten menarik dan edukatif juga di Tiktok, temasuk resep minuman yang kami buat. 


Resepnya simpel banget. Bahanya mudah didapatkan. Semua orang pasti suka rasanya yang manis dan segar. Terlebih, manfaatnya juga banyak. Minuman yang kami buat itu adalah Jus Wortel dan Tomat. 


Jus wortel tomat madu


Bahan-bahan:

- 1 buah wortel ukuran kecil

- 1 buah tomat ukuran kecil

- 1 gelas air matang

- 1 sdm madu 

- es batu jika diperlukan


Cara membuat:

1. Potong-potong wortel dan tomat lalu masukkan ke blender. 

2. Masukkan juga madu, air, dan es batu. 

3. Blender sampai halus

4. Jus Wortel dan Tomat siap disajikan. 


Mudah kan membuatnya, yuk coba juga. Manfaatnya juga banyak banget. 


Wortel mengandung vitamin C yang mampu mencerahkan kulit. wortel juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, serta mengembalikan warna kulit wajah agar tampak bersinar dan cerah. Kandungan vitamin C dan beta karoten pada wortel juga dapat meredakan peradangan pada kulit yang mengalami kemerahan. 


Begitu juga dengan wortel, tomat juga dapat meredakan peradangan pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan tomat diperkaya dengan berbagai senyawa yang bersifat antiinflamasi, seperti likopen, beta-karoten, serta vitamin C sehingga mampu meredakan peradangan serta iritasi pada kulit. Tomat juga mengandung kadar kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh. 


Madu juga sudah tak diragukan lagi manfaatnya. Madu diperkaya dengan vitamin C dan senyawa antioksidan lain yang mampu menangkal radikal bebas berlebih yang  memicu tanda-tanda penuaan dini. Madu mengandung enzim glucose oxidase yang bersifat antibakteri serta asam fenolat dan flavonoid yang bersifat antiinflamasi sehingga kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat. 


Pastikan membeli madu murni dari toko yang terpercaya. Banyak cara untuk menguji madu asli. Dalam madu yang asli akan terdapat beberapa partikel dan serbuk sari yang tercampur secara alami. Madu asli juga tidak lengket  di tangan dan biasanya memiliki tekstur yang kental. Bila mengendus madu murni , biasanya tercium aroma flora alami seperti rumput atau bunga-bungaan.


Sumber referensi:

siloamhospitals.com

farmaku.com


Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Perhatikan Hal Ini Sebelum Bermain Badminton

Bermain Kartu UNO

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)