Perhatikan Hal Ini Sebelum Bermain Badminton

 

Badminton adalah bahasa Inggris dari bulutangkis. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu olahraga yang menggunakan raket untuk memukul shuttlecock (kok) melintasi lapangan agar mencetak skor atau angka, dan dimainkan oleh dua orang atau dua pasang yang saling berlawanan.  

Badminton adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai klub dan turnamen badminton baik skala kecil maupun besar, juga berbagai tempat umum baik berbayar maupun gratis untuk berlatih badminton yang mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita. Misalnya saja di kantor kelurahan biasanya ada gedung berlatih badminton yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat umum di lingkungan tersebut.  

Badminton termasuk olahraga kardio yang bisa menyehatkan jantung dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, badminton juga bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, mengurangi stres, meningkatkan metabolisme tubuh agar tetap bugar saat beraktifitas, memperkuat tulang, meningkatkan kemampuan otak dan kualitas tidur, membangkitkan mental dan semangat pantang menyerah, serta meningkatkan interaksi sosial. 

 

badminton
Ilustrasi: pixabay.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemain badminton sebelum berlatih, diantaranya adalah: 

1. Lakukan pemanasan sebelum bermain badminton. Peregangan dan latihan yang ringan membantu mempersiapkan tubuh untuk aktivitas yang lebih intens.  

2. Pastikan lapangan badminton bebas dari hambatan dan cuaca yang kurang mendukung. Bermain badminton saat terjadi hujan atau angin kencang sangat berbahaya dan mengganggu permainan.  

3. Kuasai teknik dasar seperti forehand, backhand, dan servis agar menjadi pemain yang lebih baik dan meningkatkan keselamatan saat bermain. 

4.Jangan berlebihan bermain badminton jika memiliki kebugaran yang kurang memadai.  

5. Gunakan pelindung mata dan pergelangan tangan untuk menghindari cedera saat berlatih badminton.  

6. Hormati lawan, wasit dan etika permainan untuk permainan yang baik dan sportif.  

7. Pastikan memiliki alat dan perlengkapan yang sesuai seperti seperti raket, sepatu olahraga yang cocok, dan shuttlecock yang berkualitas baik.

 

raket badminton
Ilustrasi: pixabay.com


Tips memilih raket badminton yang baik adalah dengan memilih raket yang ringan dan bentuk raket yang ideal untuk permainan kita. Pilih raket yang nyaman digenggam dan terbuat dari material yang bagus. Bahan grafit biasa digunakan untuk raket berkualitas tinggi. Bahan senar juga perlu diperhatikan untuk pantulan dan performa bermain yang baik. Untuk pegangannya, bahan katun adalah yang terbaik yang biasa digunakan oleh profesional.  

Banyak raket berkualitas baik yang dijual di pasaran. Diantara rekomendasi merek raket badminton yang baik digunakan adalah Raket Victor. Raket Victor adalah merek raket badminton dari Taiwan. Raket Victor memiliki banyak tipe. Harganya pun bervariasi mulai dari 1 jutaan ke atas. Raket Victor membekali produknya dengan berbagai fitur dan teknologi agar performa serta skill penggunanya bisa meningkat. Raket Victor sudah terjual ke lebih dari 60 negara sejak didirikan pada tahun 1968. Banyak atlet dunia menggunakan produknya diantaranya adalah atlet kebanggan Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.  

Raket Felet  tak kalah bagus dengan Raket Victor. Raket Felet diproduksi di Malaysia, dan raket ini sangat populer di kalangan pemain Asia dan pemain badminton pemula karena tingkat kenyamanan yang ekstrem dan kualitas pembuatan yang baik.  

Rekomendasi raket badminton lainnya adalah Raket RS yang berasal dari Denmark. Raket RS original terbuat dari karbon atau serat karbon. Bahan ini memberi kekuatan dan daya tahan pada raket. Serat karbon disusun dengan pola khusus untuk memaksimalkan performa raket, sehingga bisa memberikan pukulan yang cepat, tepat dan akurat.  

Yuk, mulai jalani hidup sehat dengan olahraga. Badminton bisa jadi salah satu pilihan olahraga yang dilakukan karena tidak sulit mendapatkan perlengkapannya. Ketiga merek raket badminton tersebut bisa didapatkan dengan mudah di e-commerce Tokopedia, salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia yang menawarkan keragaman produk dan kemudahan berbelanja dari rumah. 

Kita perlu berhati-hati dalam berbelanja perlengkapan badminton. Jangan sampai membeli perlengkapan badminton palsu yang jelas akan merugikan kita sebagai pembeli. Tokopedia adalah website jual beli online terpercaya sehingga kita sebagai konsumen bisa terhindar dari kekhawatiran membeli barang palsu. 

 

Sumber referensi:

  •        Sports.okezone.com
  •        Hellosehat.com
  •        Wikipedia.org
  •        Id.my-best.com


Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)