5 Olahan Daging Khas Indonesia Yang Dirindukan Saat Ke Luar Negeri



Kuliner Indonesia memang kaya. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak kuliner negeri ini yang menarik dan unik. Hal ini dikarenakan Indonesia juga kaya akan bahan alam yang bisa diolah menjadi makanan yang lezat. 


Olahan daging adalah salah satu kuliner Indonesia yang khas dengan diolah menggunakan berbagai bumbu dan rempah. Olahan daging khas Indonesia berikut dikenal karena keunikan dan rasanya yang lezat, yaitu:


1. Rendang

Rendang merupakan olahan daging dari Sumatera Barat. Rendang dibuat dari daging sapi dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah yang banyak sehingga rasanya memikat. 


Rendang adalah makanan khas Indonesia yang telah terkenal di seluruh dunia. Rendang telah diakui oleh UNESCO sebagai kuliner khas Indonesia sejak tahun 2013.


Rendang juga telah masuk dalam daftar 50 makanan terbaik di dunia versi CNN pada tahun 2017 dan 2021. Rendang berada di posisi ke-11 dari daftar 50 makanan terbaik di dunia tahun 2021 versi CNN.


Rendang


2. Opor ayam

Opor ayam merupakan masakan khas Jawa yang merupakan hasil akulturasi budaya masyarakat Jawa, China, dan India. Ciri khas opor ayam adalah penggunaan santan sebagai bahan utama, yang membedakannya dari masakan serupa seperti qorma dari India. 


Opor ayam sering disajikan saat Hari Raya Idul Fitri dan Cap Go Meh. Pada hari raya Idul Fitri, opor ayam disajikan dengan ketupat, sedangkan pada Cap Go Meh disajikan dengan lontong. 


3. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur. Rawon merupakan sup daging berkuah hitam yang dimasak dengan bumbu khas, salah satunya adalah keluak. Keluak memberikan warna hitam pekat yang menjadi ciri khas rawon. Selain itu, rawon juga biasanya disajikan dengan potongan daging sapi, tauge, bawang goreng, kerupuk udang, dan telur asin. 


4. Sate

Sate khas Indonesia banyak ragamnya. Ada sate ayam dan sate kambing, dengan bumbu kacang atau kecap. Ada juga sate lilit Bali yang terbuat dari ikan. Semuanya dimasak sedemikian rupa sehingga rasanya menjadi lezat dan tak terlupakan. 


5. Soto

Soto juga banyak ragamnya. Soto biasa terbuat dari daging ayam atau sapi dengan kuah yang banyak yang diberi sayuran dan bumbu serta rempah yang banyak. Setiap daerah juga memiliki soto yang khas. Misalnya Soto Ayam Lamongan yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto Betawi adalah soto yang menggunakan daging sapi yang berasal dari Jakarta. 


Berada jauh di luar negeri, Kadang-kadang membuat rindu akan kuliner khas negeri sendiri. Ketika rindu akan olahan daging khas Indonesia, bisa saja membeli dari restoran Indonesia yang ada di luar negeri walaupun terkadang harganya mahal. Atau membuat olahan daging khas Indonesia sendiri di rumah. 


Membuat olahan daging khas Indonesia saat berada di luar negeri tentu saja menantang. Sulit menjumpai daging halal di luar negeri dengan mudah untuk kita yang beragama Islam. Selain itu, kemampuan memasak pun akan berpengaruh terhadap hasil akhir masakan. 


Namun untuk anda yang tidak beragama Islam, akan lebih mudah menemukan restoran yang menyajikan menu daging atau toko yang menjual daging. Salah satunya adalahThe Sausage Shoppe yang berlokasi di 3329 Altamesa Blvd, Fort Worth, Texas.


Steak



The Sausage Shoppe menyajikan berbagai menu daging dan menu lain berupa kentang tumbuk, makaroni dan keju, kacang panggang, kacang polong hitam, ubi, nasi, coleslaw, dan masih banyak lagi. Hidangan mereka terbuat dari bahan-bahan segar yang dimasak oleh koki berbakat. Tak ada salahnya mencoba olahan daging negara lain saat di luar negeri. 


The Sausage Shoppe menyajikan menu daging non halal sehingga tidak bisa dikunjungi wisatawan atau konsumen yang beragama Islam. Informasi selengkapnya mengenai restoran ini bisa mengunjungi website soulfoodfortworthtx.com.

 

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Perhatikan Hal Ini Sebelum Bermain Badminton

Bermain Kartu UNO

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)